Tips Memperkecil Pori-Pori

Artikel ini saya peruntukkan buat Donita, semoga bisa bermanfaat.

Memiliki kulit wajah yang halus dan bersih adalah dambaan setiap wanita. Namun bagaimana bila yang terjadi adalah pori-pori yang besar pada wajah hingga terlihat seperti kulit jeruk?

Tentunya orang akan kurang percaya diri. Bahkan pori-pori yang besar bisa menjadi pangkal berbagai masalah pada kulit wajah. Lantas, apa yang seharusnya Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut? Kulit wajah memang sering membuat orang minder.

Bagian tersebut merupakan bagian yang sangat rentan terhadap masalah-masalah kulit, antara lain pori-pori besar seperti kulit jeruk. Bahkan dapat pula merembet menjadi masalah lain karena pangkal beberapa masalah kulit berawal dari sana.

Masalah kulit berpori-pori besar seperti kulit jeruk biasanya dialami seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak. Pada kulit kering maupun yang normal, jarang sekali ditemukan masalah-masalah ini.

Ada memang, tapi persentasenya sangat kecil. Selain itu, faktor keturunan amat besar pengaruhnya di samping gaya hidup. Lalu diambil kesimpulannya bahwa kulit berminyak dan genetik adalah penyebab utama pori-pori menjadi besar.

Merawat wajah berpori-pori besar sebaiknya dilakukan sejak remaja. Jangan menunda hingga pori-pori semakin membesar, sehingga memerlukan perawatan khusus dan biaya yang besar.

Jerawat berlebih adalah lanjutan dari kulit berpori-pori besar. Salah satu perawatan dini adalah rajin membersihkan muka setiap hari. Perawatan ini tetap membutuhkan ketekunan.

Yang patut di ingat adalah semuanya itu tergantung pada jenis kulit. Walaupun kulit muda masih fresh jangan takut melakukan perawatan.

Perawatan untuk mengatasi pori-pori besar terbagi dalam dua macam. Pertama adalah dengan cara tradisional yang bisa secara langsung diterapkan dirumah.

Cara tersebut adalah dengan menggosokkan es batu setelah membersihkan wajah dari kosmetik. Kotoran yang tidak terangkat saat membersihkan wajah dapat terangkat dan pori-pori yang tadinya tersumbat dapat terbuka.

Selain itu, ada juga pemakaian masker dari bahan-bahan alami. Bahan-bahan tersebut diolah sehingga menjadi bubuk (powder) dan kita dapat membelinya di pasar bebas maupun outlet-outlet perawatan kecantikan. Bisa juga melakukan facial.

Untuk yang memiliki kulit berminyak, cukup melakukan facial dua kali dalam sebulan. Dan bagi yang memiliki kulit cenderung kering, cukup sebulan sekali. Hal ini dikarenakan facial (dengan penggunaan scrub ataupun cleansing) dapat bertahan hingga dua minggu. Masker yang bagus untuk memperkecil pori-pori yang saya rekomendasikan adalah masker rumput laut.

Ada trend untuk perawatan pori-pori yang membesar dengan menggunakan laser. Laser ini untuk memancing regenerasi sel-sel kulit dari dalam. Dikatakan baik karena laser bekerja di bawah permukaan kulit sehingga lebih efektif.

Setiap penggunaan produk-produk kecantikan maupun kesehatan pastinya memiliki dampak yang akan terjadi. Tetapi semua itu tergantung dari jenis masalah yang sedang dihadapi dan anti bodi orang yang sedang bermasalah tersebut.

Seperti facial dan maskeran. Hasilnya setelah penggunaan memang tergantung pada masing-masing orang. Tetapi yang sering terjadi pada saat proses tersebut adalah adanya rasa gatal dan perih karena gosokan hingga nyeri karena ada penekanan pada suatu titik.